Cara Melamar Kerja Lewat Email Yang Benar

Cara melamar pekerjaan dengan email yang benar

Media Pā€”ā€” Cara melamar pekerjaan lewat email dengan benar. Perkembangan teknologi membuat banyak hal menjadi lebih mudah, termasuk proses melamar pekerjaan. Dahulu, perburuan pekerjaan dilakukan dengan cara mencetak dokumen lamaran, menggunakan amplop, dan mengirimkannya melalui ekspedisi ke perusahaan yang bersangkutan.

Society for Human Resource Management (SHRM) mensurvei 1.500 perekrut profesional. Akibatnya, 70% perekrut akan terus merekrut secara virtual karena lebih hemat biaya dan waktu.

Baca juga;

Sebenarnya melamar pekerjaan lewat email bukanlah hal baru. Namun, masih ada beberapa pelamar yang suka bingung dan membuat kesalahan. Akibatnya, lamaran kerja Anda tidak dijawab oleh HRD atau bahkan dibaca.

Cara melamar pekerjaan dengan email yang benar

1. Siapkan semua dokumen lamaran kerja yang dibutuhkan

Untuk mempermudah proses melamar pekerjaan melalui email, sebaiknya siapkan semua dokumen yang diperlukan. Jangan lupa untuk memperhatikan persyaratan yang tertera di iklan lowongan.

Jangan lupa untuk memperbarui resume Anda, simpan portofolio Anda, surat lamaran, transkrip (jika diperlukan), dan dokumen lainnya.

2. Gunakan bahasa yang sopan dan formal

Saat melamar pekerjaan, pastikan untuk membuat surat lamaran dan email badan Anda menggunakan bahasa yang sopan dan standar. Perhatikan penggunaan tata bahasa, tanda baca, dan kapitalisasi agar HRD dapat dengan mudah memahami isinya.

Juga, harap baca kembali surat lamaran dan isi email yang Anda tulis. Pastikan tidak ada kesalahan ketik atau typo, ini akan mencerminkan bahwa Anda adalah orang yang profesional dan rapi.

3. Cantumkan dengan jelas subjek lamaran pekerjaan

Seringkali dalam lowongan pekerjaan, perusahaan menyertakan subjek yang dapat digunakan pelamar saat mengirim email lamaran kerja. Misalnya nama lamaran, jabatan. Tetapi banyak pelamar tidak memperhatikan hal ini dan mengirim email tanpa subjek.

Dari satu lowongan pekerjaan yang diunggah, sudah ratusan orang yang melamar. Bisa dibayangkan, Mbak HRD dan Mas HRD, berapa banyak email yang harus dibuka?

Untuk kenyamanan, HRD biasanya memfilter email masuk berdasarkan subjek. Nah, jika Anda mengirim email tanpa subjek atau subjek yang tidak pantas, email aplikasi Anda tidak akan masuk ke filter.



Tampilan postingan:
26

Leave a Reply

Your email address will not be published.