NASA Bagikan Gambar Pertama Diambil Teleskop James Webb

Suara.com – Gambar berwarna pertama dari James Webb Space Telescope (JWST), juga dikenal sebagai penerus Hubble, telah diresmikan oleh NASA dan Presiden Joe Biden.

Menurut NASA, ini adalah gambar alam semesta terdalam dan paling detail yang pernah ditangkap oleh kamera.

Gambar spektakuler ini, yang dikenal sebagai medan dalam pertama Webb, menunjukkan bahwa alam semesta terjadi beberapa ratus juta tahun setelah Big Bang, ketika galaksi mulai terbentuk dan cahaya mulai berkelap-kelip dari bintang-bintang pertama.

“Butuh sekitar 13,5 miliar tahun untuk cahaya bintang ini mencapai kita, secara gravitasi, ke JWST,” kata Administrator NASA Bill Nelson Selasa (7 Desember 2022), mengutip Live Science.

Baca juga:
Stasiun luar angkasa Rusia dan NASA sangat diminati

Nelson menambahkan bahwa teleskop memiliki presisi tinggi untuk mengamati planet yang dapat dihuni dan memberikan pandangan alam semesta yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pemegang rekor sebelumnya untuk menangkap gambar terdalam dan tertua ke luar angkasa adalah Teleskop Luar Angkasa Hubble.
Teleskop Luar Angkasa James Webb.[NASA}[NASA}[美國宇航局}[NASA}Teleskop Luar Angkasa James Webb.[NASA}[NASA}[美國宇航局}[NASA}

Tetapi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang masa lalu alam semesta, para ilmuwan perlu merancang teleskop yang cukup besar untuk menangkap cahaya dari objek yang paling redup.

Teleskop kemudian dapat mendeteksi frekuensi inframerah yang telah digeser oleh cahaya terjauh karena perluasan alam semesta.

Jadi para ahli menciptakan JWST. Cermin utama teleskop berdiameter 6,6 meter, sedangkan cermin Hubble hanya berdiameter 2,4 meter.

Baca juga:
NASA akan merilis gambar pertama dari teleskop JWST

Dengan kata lain, JWST dapat mendeteksi objek 100 kali lebih redup daripada yang bisa dilihat Hubble.

Leave a Reply

Your email address will not be published.