Program Keahlian SMK Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian

spanduk 468x60

https://bokeh.shop–Program Keahlian SMK Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Sebagai negara agraris. Indonesia menjadikan produknya sebagai komoditas untuk bersaing dengan negara lain.

Jika Anda tertarik untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri dan memasok komoditas ekspor, Anda bisa memilih jurusan Agribisnis di SMK.

Padahal Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Jurusan ini kurang populer dibandingkan jurusan lainnya karena dinilai tidak memiliki prospek kerja yang jelas dan luas. Padahal, peluang kerja bagi lulusan jurusan agribisnis akan selalu dibutuhkan setiap saat.

Selain itu, anggapan bahwa jurusan agribisnis identik dengan ladang atau kebun yang kotor dan ‘desa’. Wah, pemikiran seperti ini harus benar-benar dihilangkan. Profesi yang terkait dengan agribisnis tidak selalu di lapangan. Beberapa di antaranya bahkan bisa bekerja di perusahaan internasional lho.

Jadi, seperti apa program keterampilan ini?

Ikhtisar Program Keterampilan

    program keahlian agribisnis pengolahan produk pertanian SMK pengolahan produk pertanian jurusan agribisnis peluang kerja jurusan agribisnis pengolahan produk pertanian modul agribisnis pengolahan produk pertanian agribisnis pengolahan produk pertanian bahan agribisnis alasan memilih jurusan pengolahan produk pertanian agribisnis aphp agroteknologi pengolahan produk pertanian
Program Keahlian SMK Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian

Program Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian di SMK. Pelajari cara mengolah hasil pertanian menjadi sebuah produk. Yang memiliki nilai ekonomis berkualitas tinggi.

Ilmu agribisnis sendiri menggabungkan ilmu sosial dan ilmu pengetahuan dan teknologi karena tidak hanya mempelajari tentang produk pertanian tetapi juga tentang daya jual produk pertanian.

Nantinya, mahasiswa akan mendapatkan materi tentang kewirausahaan dan praktik menjual hasil pertanian. Pengolahan hasil pertanian dilakukan dengan berbagai teknik seperti fermentasi.

Suhu tinggi, suhu rendah, teknik pemanasan tidak langsung, dan sebagainya. Selain itu, siswa juga akan belajar mengelola sampah dari pengolahan sehingga proses pengolahan berlangsung dengan ramah lingkungan dan tanpa banyak sampah.

mata pelajaran

Program keahlian ini termasuk dalam bidang Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Selain departemen ini, ada dua departemen lain di bidang ini, yaitu Pengendalian Mutu Hasil Pertanian dan Agroindustri.

Seperti halnya jurusan vokasi lainnya, Anda akan mendapatkan mata pelajaran dengan muatan nasional (seperti Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Sejarah, dll) dan muatan daerah (seperti Seni Budaya dan Pendidikan Jasmani).

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan mata pelajaran peminatan vokasi. Anda akan belajar tentang dasar-dasar penanganan produk pertanian, dasar-dasar pengolahan produk pertanian, dan dasar-dasar pengendalian kualitas produk pertanian.

Anda juga akan mendapatkan mata pelajaran atau kompetensi keterampilan yang produktif, yaitu:

  1. Produksi Pengolahan Sayuran
  2. Produksi Pengolahan Produk Hewan
  3. Produksi Pengolahan Perkebunan dan Komoditas Jamu
  4. Keamanan Pangan, Penyimpanan dan Pergudangan
  5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Mahasiswa juga diwajibkan mengikuti program magang atau praktek kerja lapangan (PKL). Untuk mempersiapkan diri dalam dunia usaha atau dunia industri.

Melalui program ini, mahasiswa akan didorong untuk menggali kompetensi dan pengetahuan yang telah diperoleh di kelas dan menerapkannya secara langsung untuk menciptakan produk pangan yang inovatif dan ekonomis.

prospek kerja

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, prospek kerja bagi lulusan jurusan ini sangat luas. Peluang kerja akan sangat besar karena Indonesia sangat kaya akan produk pertanian yang siap untuk diolah.

Tempat kerja Anda tidak akan selalu berada di ladang atau kebun. Beberapa profesi yang bisa Anda tekuni setelah lulus SMK adalah menjadi penyuluh pertanian, manajer lapangan, peneliti pertanian, manajer pemasaran, distributor atau agen produk pertanian, dan lain sebagainya.

Anda bahkan bisa menjadi pengusaha atau membuka usaha sendiri, lho. Mata kuliah Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Akan melatih sisi kewirausahaan Anda selama sekolah sehingga Anda bisa menjadi pengusaha sukses di masa depan. Ditambah dengan latar belakang sosial ekonomi yang Anda dapatkan selama sekolah, peluang Anda untuk sukses berwirausaha juga semakin besar.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk masuk ke jurusan ini?

Kesimpulan

Mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan mengenai informasi yang kami sampaikan di atas. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda dan bermanfaat dalam mencari informasi.



Tampilan Postingan:
10

spanduk 300x250

Leave a Reply

Your email address will not be published.