Today’s World Gold Price Prints 4 Weeks of Declines in a row

money.P-Media Bokeh.CLICK – Harga emas dunia turun selama 4 minggu hari iniHarga emas turun untuk minggu keempat berturut-turut pada hari Jumat (Sabtu waktu Jakarta) didukung oleh dolar yang lebih kuat dan ekspektasi bahwa Federal Reserve atau Federal Reserve akan menaikkan suku bunga secara signifikan (Fed).

CNBC pada hari Sabtu (7 September 2022) mengutip harga emas pasar spot naik 0,2% menjadi $ 1.742,3 per ounce. Harga emas batangan turun 3,29% sejauh minggu ini, yang akan menjadi penurunan terbesar sejak pertengahan Mei.

Sementara itu, emas berjangka AS naik tipis menjadi $1.740.

Dolar telah naik ke level tertinggi baru dua tahun baru-baru ini karena harga emas gagal menarik arus masuk safe-haven karena investor beralih ke greenback meskipun risiko resesi meningkat.

“Data pekerjaan membebani emas, yang sudah berjuang setelah reli dolar yang kuat. Namun, ada beberapa perburuan murah yang terjadi di sini,” kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Pertumbuhan pekerjaan A.S. mengalahkan ekspektasi pada bulan Juni dan tingkat pengangguran tetap mendekati posisi terendah sebelum pandemi, menandakan kekuatan yang berkelanjutan di pasar tenaga kerja, memberi Federal Reserve kemampuan untuk menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin lagi akhir bulan ini.

suku bunga

Harga emas dunia hari ini turun selama 4 minggu berturut-turut

Suku bunga yang lebih tinggi membuat emas kurang menarik karena berarti peningkatan biaya peluang memegang aset tanpa mendapatkan bunga.

“Dalam jangka pendek, kami masih melihat emas didukung oleh risiko resesi. Setelah koreksi baru-baru ini, kami memperkirakan harga akan berkonsolidasi,” kata Carsten Menke, kepala penelitian generasi berikutnya di Julius Baer.

“Dengan asumsi The Fed dapat melawan inflasi tanpa mendorong ekonomi ke dalam resesi, rebound berkelanjutan tampaknya tidak mungkin.”

Pasar melihat sedikit pemulihan dalam permintaan menyusul penurunan harga domestik di India, sementara kekhawatiran atas wabah virus corona baru terus membatasi aktivitas di konsumen utama China.

Di tempat lain, perak naik 0,4% menjadi $19,27 per ounce, sementara platinum naik 2% menjadi $890.435.

Palladium naik 8,9% menjadi $2.167,18, naik untuk minggu ketiga berturut-turut.

Harga emas bersinar setelah jatuh ke level terendah 9 bulan

Harga emas naik pada perdagangan Kamis (waktu Jakarta pada Jumat) kemarin, karena jeda rebound dolar mendorong beberapa investor untuk membeli komoditas yang lebih murah setelah penurunan dua sesi yang mengirim harga emas ke level terendah di 9 dalam sebulan.

Harga emas naik 0,1% menjadi $1.740,16 per ounce di pasar spot hari ini, CNBC melaporkan pada hari Jumat (7 Agustus 2022). Sementara itu, emas berjangka AS ditutup naik 0,2 persen pada $1.739.

“Setelah aksi jual emas yang dramatis, kami melihat beberapa aksi beli dengan harga murah. Jelas ada beberapa minat beli turun setelah kemarin turun ke posisi terendah $1.700,” kata David Meger, kepala perdagangan logam di High Ridge Futures. .

“Dolar yang tidak naik lebih lanjut hari ini juga memberi emas reli,” lanjutnya.

Dolar telah muncul sebagai tempat berlindung yang lebih disukai di tengah meningkatnya risiko resesi, mencapai level tertinggi hampir dua tahun di sesi sebelumnya sebelum melemah pada hari Kamis.

“Kita harus berhati-hati tentang kekuatan emas dalam waktu dekat karena penjualan dapat dengan mudah dilanjutkan di tengah dolar yang lebih kuat dan suku bunga yang lebih tinggi,” kata Fawad Razaqzada, analis pasar di City Index.

Inflasi yang memburuk dan kekhawatiran tentang hilangnya kepercayaan pada kemampuan bank sentral untuk mengendalikan mendorong kenaikan suku bunga AS terbesar dalam hampir 30 tahun, risalah dari pertemuan Juni Federal Reserve menunjukkan pada hari Rabu. .

anjlok $300

Emas telah kehilangan lebih dari $300 sejak Federal Reserve mulai menaikkan suku bunga pada bulan Maret untuk mengekang inflasi yang tidak terkendali.

Ini meningkatkan biaya peluang bagi pemegang emas batangan yang tidak menghasilkan.

Katalis berikutnya untuk pasar mungkin datang ketika laporan pasar tenaga kerja dirilis pada hari Jumat. Data pada hari sebelumnya menunjukkan klaim pengangguran mingguan naik minggu lalu dan permintaan tenaga kerja melambat, sementara PHK melonjak ke level tertinggi 16 bulan di bulan Juni.

Di tempat lain, perak naik 0,2% menjadi $19,21 per ounce, platinum naik 2,2% menjadi $874,82 dan paladium naik 5,6% menjadi $2.011,42.

Leave a Reply

Your email address will not be published.