Types Of Music For Health Therapy, From Classical Genres To Rock

https://bokeh.shop – Jenis Musik untuk Terapi Kesehatan, dari Genre Klasik hingga Rock. Musik telah lama memasuki ranah kesehatan. Menurut penelitian, musik dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Dilansir dari laman https://bokeh.shop, terapi musik di sini bisa berupa mendengarkan musik, menyanyi, menggerakkan tubuh mengikuti irama musik, meditasi menggunakan iringan musik, hingga memainkan alat musik.

Terapi musik sendiri telah digunakan oleh orang Yunani kuno. Saat itu, musik digunakan untuk menyembuhkan gangguan mental atau kejiwaan.

Menurut sejarah, musik juga sering digunakan untuk menyemangati atau membangkitkan semangat dan mood para prajurit yang akan dibawa ke medan perang.

Saat ini, musik masih digunakan untuk terapi kesehatan. Terutama untuk meredakan gejala gangguan saraf dan mental seperti depresi, demensia dan skizofrenia.

Bentuk terapi musik

Jenis Musik untuk Terapi Kesehatan, dari Genre Klasik hingga Rock

Ada beberapa teknik terapi musik yang digunakan saat ini. Yaitu teknik produksi, teknik improvisasi terstruktur, teknik reproduksi dan teknik penerimaan.

Dalam teknik reproduksi dapat dilakukan dengan menyanyi atau memainkan alat musik yang telah digubah atau belajar untuk melatih kemampuan mengolah musik.

Sedangkan dalam teknik resepsi bisa dengan mendengarkan live music, mendengarkan rekaman musik, atau mendengarkan musik sambil berolahraga atau menari.

Melalui pemeriksaan MRI, musik terbukti mampu mempengaruhi gelombang di otak.

Musik juga telah terbukti meningkatkan gerakan pasien. 10 sesi terapi musik ditemukan dapat memperpanjang panjang langkah hingga 25% pada pasien dengan kesulitan berjalan.

Jenis musik untuk terapi

Berikut adalah jenis-jenis musik yang bisa digunakan untuk terapi:

1. Musik meditasi untuk mengurangi stres

Jika Anda pernah mengikuti kelas yoga, Anda pasti sudah familiar dengan musik akomodasi meditasi yang dimainkan secara perlahan dan mendalam.

Kini musik dapat bermanfaat untuk mengurangi stres, mengurangi serangan panik, meningkatkan memori otak, menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit, dan menurunkan kadar kolesterol.

2. Musik pop dan jazz untuk neuroterapi

Jenis Musik untuk Terapi Kesehatan, dari Genre Klasik hingga Rock

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa terapi musik selama 30 menit yang dikombinasikan dengan pengobatan tradisional dapat mengurangi rasa sakit akibat operasi tulang belakang.

Terapi musik untuk saraf di sini meliputi mendengarkan musik, menyanyi, hingga melatih tubuh mengikuti irama musik, baik genre pop, klasik, maupun jazz.

Dalam praktiknya, neuroterapi ini dapat digunakan dalam proses rehabilitasi, mengurangi rasa sakit, dan memperbaiki saraf setelah kecelakaan yang mengganggu sistem otak.

3. Musik klasik untuk mengatur pernapasan

Musik klasik dapat digunakan dalam terapi yang dikenal sebagai Metode Bonny. Metode ini dinamai menurut pencetusnya, Helen L. Bonny PhD.

Dalam metode ini, musik klasik digunakan untuk mendorong dan membantu perkembangan seseorang, termasuk kesadaran dan transformasi psikologis.

Musik klasik juga terbukti menjadi cara yang efektif untuk mengatasi insomnia. Musik klasik seperti Bach bermanfaat untuk menurunkan aktivitas sistem saraf simpatis, mengurangi kecemasan dan mengatur pernapasan.

4. Musik rock untuk menghilangkan rasa sakit

Jika Anda menyukai genre rock, mendengarkan musik selama beberapa menit dapat digunakan untuk membangkitkan semangat dan menghilangkan rasa sakit.

Ketukan ketukan dalam musik, dapat digunakan untuk mengalihkan perhatian atau fokus dari rasa sakit. Musik juga membantu tubuh melepaskan endorfin yang dapat melawan rasa sakit.


Tampilan Postingan:
3

Leave a Reply

Your email address will not be published.